­
­

DUTA PERPUSTAKAAN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA TAHUN 2019

By Aisyah Nur Rahmah Febriani - Minggu, Januari 23, 2022

 


    Bismillahirrahmanirrohim. Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Hai pembaca kali ini saya akan membagikan cerita pengalaman saya selama menjalani tugas sebagai DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019. Pertama akan saya ceritakan alasan saya mengikuti ajang tersebut. Saya merasa bahwa, ajang tersebut menarik karena pertama saya dapat menambah pengalaman saya untuk mengasah kemampuan microsoft saya, bisa komunikasi dengan orang lain, serta dapat menjalin kerjasama dengan rekan sejawat berbeda fakultas dan prodi. Hitung-hitung bisa menambah dan mengasah pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

 

Insert foto: Saya ketika selesai bertugas DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019


Selanjutnya, saya akan memaparkan syarat- syarat untuk mendaftar diajang DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019, yakni sebagai berikut:

{  Tahap pertama, seleksi berkas (mendaftarkan biodata peserta, mengumpulkan foto peserta 3x4 R dengan background, dan kemampuan peserta guna ditempatkan sesuai bidang kemampuannya yang dikirim melalui email perpus).

{  Tahap kedua, pertemuan dengan pelaksana atau kepala perpustakaan untuk rapat pembagian tugas, teknis pelaksanaan tugas, serta jadwal pelaksanaan tugas.

{  Tahap ketiga, jika tidak melaksanakan hal tersebut maka otomatis akan gugur dianggap tidak mampu memenuhi kriteria tersebut.

Peserta pelaksanaan DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019 yang mendaftar pada saat itu sangat banyak ditunjukan dari formulir data perpustakaan dan hanya dipilih pada saat itu sebanyak 24 orang, yang terbagi menjadi 2 bagian yakni: 1 mahasiswa jurusan hubungan internasional dan 23 mahasiswi dari berbagai jurusan sesuai kouta yang dibutuhkan untuk membantu petugas perpus.

Pembagian tugas praktek sebagai DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019 dibagi menjadi 5 jenis pekerjaan, yakni sebagai berikut:

 

Insert foto: Kegiatan selama diperpustakaan UINSA

 

A.   Information Center, bertugas memberikan sosialisasi kepada mahasiswa-mahasiswi baru tahun ajaran baru yang akan melakukan tour ke perpustakaan dengan memberikan arahan ke lokasi ruang tour sesuai jurusan dan fakultas, melayani pembukaan akun perpustakaan baru bagi S2 dan S3 untuk tesis dan desertasi, dan melayani pembukaan akun tamu perpus yang bukan mahasiswa-mahasiswi universitas sesuai prosedur.

B.   Sirkulasi peminjaman dan pengembalian, bertugas memverifikasi jika ada mahasiswa-mahasiswi yang akan melakukan peminjaman dan pengembalian sesuai prosedur.

C.   Administrasi, bertugas memasukan dan menyortir data dengan aplikasi microsoft word atau excel sesuai prosedur.

D.  Pengolahan, bertugas memberikan jenis subjek buku baru, menstempel buku baru, dan menempelkan kertas bukti peminjaman pada belakang buku.

E.   Koleksi umum, bertugas menata dan mengembalikan buku sesuai raknya.

Pelaksanaan praktek sebagai DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019 dimulai pada 19 Agustus 2019 sampai dengan 20 September 2019. Ada syarat lainnya juga harus memenuhi jam efektif sebanyak 40 jam efektif, jika belum memenuhi diharuskan menyelesaikannya sesuai prosedur yang telah dipaparkan sebelumnya.

Pelaksanaan DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019 ini dibuka bertujuan untuk membantu pekerjaan petugas perpustakaan UINSA yang mengalami kesibukan pada saat awal tahun ajaran baru dibuka. Hasil yang didapatkan dalam menyelesaikan tugas ini adalah:

z  Menambah dan mengasah pengalaman.

z  Menambah relasi.

z  Menjalin kerjasama.

z  Mendapatkan sertifikat.

z  Mendapatkan hadiah.


Insert foto: Kolase saya, teman-teman, dan perwakilan petugas perpustakaan, bu ummi

 

Demikian, pengalaman saya selama menjadi DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019  semoga memberikan manfaat, memberikan motivasi, dan berbagi pengalaman kepada para pembaca sekalian karena saya bersyukur dapat berbagi ilmu dan pengalaman yang saya miliki. Mohon maaf, jika ada salah kata dan khilaf dalam ketikan saya. Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

  • Share:

You Might Also Like

0 Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan santun