DUTA PERPUSTAKAAN UIN SUNAN AMPEL SURABAYA TAHUN 2019
Bismillahirrahmanirrohim. Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, Hai pembaca kali ini
saya akan membagikan cerita pengalaman saya selama menjalani tugas sebagai DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019. Pertama akan saya ceritakan
alasan saya mengikuti ajang tersebut. Saya merasa bahwa, ajang tersebut menarik
karena pertama saya dapat menambah pengalaman saya untuk mengasah kemampuan
microsoft saya, bisa komunikasi dengan orang lain, serta dapat menjalin
kerjasama dengan rekan sejawat berbeda fakultas dan
prodi. Hitung-hitung bisa menambah dan mengasah pengalaman sebelum terjun ke
dunia kerja yang sesungguhnya.
Insert foto:
Saya ketika selesai bertugas DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019
Selanjutnya, saya akan memaparkan syarat- syarat
untuk mendaftar diajang DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019, yakni sebagai berikut:
{ Tahap pertama, seleksi berkas
(mendaftarkan biodata peserta, mengumpulkan foto peserta 3x4 R dengan
background, dan kemampuan peserta guna ditempatkan sesuai bidang kemampuannya
yang dikirim melalui email perpus).
{ Tahap kedua, pertemuan dengan
pelaksana atau kepala perpustakaan untuk rapat pembagian tugas, teknis
pelaksanaan tugas, serta jadwal pelaksanaan tugas.
{ Tahap ketiga, jika tidak
melaksanakan hal tersebut maka otomatis akan gugur dianggap tidak mampu
memenuhi kriteria tersebut.
Peserta pelaksanaan DUTA PERPUSTAKAAN UINSA
2019 yang
mendaftar pada saat itu sangat banyak ditunjukan dari formulir data
perpustakaan dan hanya dipilih pada saat itu sebanyak 24 orang, yang terbagi
menjadi 2 bagian yakni: 1 mahasiswa jurusan hubungan internasional dan 23
mahasiswi dari berbagai jurusan sesuai kouta yang dibutuhkan untuk membantu
petugas perpus.
Pembagian tugas praktek sebagai DUTA PERPUSTAKAAN UINSA
2019 dibagi
menjadi 5 jenis pekerjaan, yakni sebagai berikut:
Insert foto:
Kegiatan selama diperpustakaan UINSA
A.
Information Center, bertugas memberikan sosialisasi kepada
mahasiswa-mahasiswi baru tahun ajaran baru yang akan melakukan tour ke
perpustakaan dengan memberikan arahan ke lokasi ruang tour sesuai jurusan dan
fakultas, melayani pembukaan akun perpustakaan baru bagi S2 dan S3 untuk tesis
dan desertasi, dan melayani pembukaan akun tamu perpus yang bukan
mahasiswa-mahasiswi universitas sesuai prosedur.
B.
Sirkulasi peminjaman dan pengembalian, bertugas memverifikasi jika ada
mahasiswa-mahasiswi yang akan melakukan peminjaman dan pengembalian sesuai
prosedur.
C.
Administrasi, bertugas memasukan dan menyortir data dengan aplikasi
microsoft word atau excel sesuai prosedur.
D.
Pengolahan, bertugas memberikan jenis subjek buku baru, menstempel buku
baru, dan menempelkan kertas bukti peminjaman pada belakang buku.
E.
Koleksi umum, bertugas menata dan mengembalikan buku sesuai raknya.
Pelaksanaan praktek sebagai DUTA PERPUSTAKAAN UINSA
2019 dimulai pada 19 Agustus 2019 sampai dengan 20 September 2019. Ada syarat
lainnya juga harus memenuhi jam efektif sebanyak 40 jam efektif, jika belum
memenuhi diharuskan menyelesaikannya sesuai prosedur yang telah dipaparkan
sebelumnya.
Pelaksanaan DUTA PERPUSTAKAAN UINSA 2019 ini dibuka bertujuan
untuk membantu pekerjaan petugas perpustakaan UINSA yang mengalami kesibukan
pada saat awal tahun ajaran baru dibuka. Hasil yang didapatkan dalam
menyelesaikan tugas ini adalah:
z Menambah dan mengasah
pengalaman.
z Menambah relasi.
z Menjalin kerjasama.
z Mendapatkan sertifikat.
z Mendapatkan hadiah.
Insert foto: Kolase saya, teman-teman, dan
perwakilan petugas perpustakaan, bu ummi
Demikian, pengalaman saya selama menjadi DUTA PERPUSTAKAAN UINSA
2019 semoga memberikan manfaat, memberikan motivasi, dan berbagi pengalaman
kepada para pembaca sekalian karena saya bersyukur dapat berbagi ilmu dan
pengalaman yang saya miliki. Mohon maaf, jika ada salah kata dan khilaf dalam
ketikan saya. Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan sopan dan santun