T1-8a. Unggah Portofolio - Aksi Nyata - Computational Thinking (CT)
Nama : Aisyah Nur Rahmah Febriani
Kelas/NIM : A/4120023024
Jurusan/Prodi : PGSD PPG PRAJABATAN G1 2023 UNUSA
Hal-hal
yang menjadi bagian dari portofolio untuk topik pendalaman CT adalah sebagai
berikut:
1. Hasil diskusi pada bagian Ruang Kolaborasi (dapat
berupa slide presentasi/laporan).
2. Feedback yang
diberikan kelompok lain pada saat Demonstrasi Kontekstual.
3. Hasil refleksi yang diisikan pada Aksi Nyata.
Jawaban:
1. CT
adalah proses berpikir dalam memformulasikan persoalan dan berstrategi dalam
menentukan/memilih solusi yang efektif, efisien, optimal untuk dikerjakan oleh
agen pemroses informasi (solusi) tersebut. CT berkaitan dengan konseptualisasi
solusi, bukan pemrograman, cara berpikir seperti cara berpikir computer
scientist, bukan untuk membuat manusia berpikir seperti komputer karena cara
berpikir manusia jauh lebih kompleks dari komputer yang diciptakan dan
diprogram oleh manusia, dapat dimanfaatkan oleh semua orang dan untuk berbagai
persoalan, bukan hanya orang-orang yang pekerjaannya berkaitan erat dengan
komputer, atau persoalan-persoalan di bidang komputer saja, berkaitan dengan
ide, tidak terbatas pada artefak serta berupa, keterampilan dasar, bukan hafalan.
Hafalan berarti rutinitas mekanis. Terdapat empat fondasi CY yaitu dekomposisi,
pengenalan pola, abstraksi dan alogaritma.
2.
Feedback:
- Mengapa kegiatan memasak sayur sop tidak
termasuk contoh yang tepat sebagai aktivitas yang menerapkan CT?
- Mengapa contoh yang anda berikan mengenai
“Pemecahan atau menemukan sebuah jalan yang dilalui untuk mencapai ke
suatu tujuan” belum mencantumkan tujuan yang jelas? Tolong diperjelas!
- Apakah anda menerapkan keempat fondasi CT
dalam kehidupan sehari-hari selama menjadi mahasiswa PPG Prabatan?
3. Hasil
refleksi:
v Saya ingin
memahami sisi terdalam dalam CT dan apakah CT dapat dilaksanakan dengan
menggunakan AI (Artificial Intellegence).
v Saya
memahami bahwa, CT tidak terbatas pada cara penggunaan pelaksanannya dengan
computer melainkan lebih ke cara berpikir menggunakan logika dan tersusun
secara sistematis.
v CT ternyata
sangat membantu dalam saya mengelola persoalan, mencari pola kesamaan
penyelesaiannya sesuai pengalaman saya, membuang hal-hal yang tidak penting
dalam persoalan yg ingin diselesaikan, dan Menyusun Langkah-langkah sistematis
untuk menyelesaikannya.
v Saya senang
karena saya mendapatkan pengetahuan baru tentang CT ini agar ke depannya saya
akan menerapkannya dengan baik ketika menjadi guru profesional agar lebih
memahami penyelesaian masalah dalam kelas dan termindset secara sistematis
dalam menyelesaikannya.
v Sepertinya tidak ada, karena saya merasa sudah memahami dengan baik definisi CT, penerapan CT dalam sehari-hari, dan dampak positif penerapan CT dalam kehidupan sehari-hari.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan sopan dan santun