­
­

T2-8. Aksi Nyata - Computational Thinking (CT)

By Aisyah Nur Rahmah Febriani - Senin, Februari 26, 2024

 


Nama                : Aisyah Nur Rahmah Febriani

Kelas/NIM          : A/4120023024

Jurusan/Prodi      : PGSD PPG PRAJABATAN G1 2023 UNUSA

 

  1. Bagaimana perasaan Anda saat menelaah lebih lanjut mengenai CP CT dalam pertemuan kuliah ini?
  2. Tuliskan pengetahuan-pengetahuan baru yang Anda dapatkan dari pertemuan ini.

Jawaban:

  1.  Perasaan saya setelah menelaah terkait CP CT pada mata kuliah ini yaitu saya menjadi tahu akan banyak hal, dan sesuatu yang baru bagi saya terkait dengan lahkah-langkah dan tahapan pada CT. yang tanpa saya sadari bahwa CT sudah banyak saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya yaitu dalam kegiatan penyiapan perangkat pembelajaran. dalam capaian pembelajaran CT terdapat beberapa fase dan fase tersebut saling berkaitan. Dengan CT saya juga tahu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan-permasalahan dengan solusi yang terbaik atau bisa dibilang yang paling sesuai dengan kebutuhannya.

  2. Pengetahuan-pengetahuan baru yang saya dapatkan setelah mempelajari pada pertemuan ini yaitu terkait fase-fase capaian pembelajaran CT diantaranya:

·         Fase A (Kelas 1 dan 2 SD) Pada fase A ini peserta didik dapat menerapakan cara berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari yang dialami dengan mengidentifikasi, membandingkan, memilih, memilah, mengelompokkan, dan mengurutkan objek kongkrit.

·         Fase B (Kelas 3 dan 4 SD) Pada fase B, peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari dengan membandingkan, memilih, memilah, menyusun, mengelompokkan, dan mengurutkan himpunan data kecil dari abstraksi benda konkrit menggunakan berbagai cara untuk menghasilkan beberapa solusi dengan memanfaatkan perkakas yang disediakan.

·         Fase C (Kelas 5 dan 6 SD) Pada akhir fase C, peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari dengan membandingkan, menysun, mengelompokkan, dan mengurutkan himpunan data hasil abstraksi benda konkrit yang lebih banyak dan kompleks dengan menggunakan berbagai cara untuk menghasilkan lebih banyak alternatif solusi yang mengintegrasikan berpikir komputasional dalam memanfaatkan perkakas yang digunakannya.

  • Share:

You Might Also Like

0 Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan santun