T2-8. Aksi Nyata - Computational Thinking (CT)
Nama :
Aisyah Nur Rahmah Febriani
Kelas/NIM :
A/4120023024
Jurusan/Prodi :
PGSD PPG PRAJABATAN G1 2023 UNUSA
- Bagaimana perasaan Anda saat menelaah lebih lanjut mengenai CP CT dalam pertemuan kuliah ini?
- Tuliskan pengetahuan-pengetahuan baru yang Anda dapatkan dari pertemuan ini.
- Perasaan
saya setelah menelaah terkait CP CT pada mata kuliah ini yaitu saya menjadi
tahu akan banyak hal, dan sesuatu yang baru bagi saya terkait dengan
lahkah-langkah dan tahapan pada CT. yang tanpa saya sadari bahwa CT sudah
banyak saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari salah satunya yaitu dalam
kegiatan penyiapan perangkat pembelajaran. dalam capaian pembelajaran CT
terdapat beberapa fase dan fase tersebut saling berkaitan. Dengan CT saya juga
tahu bagaimana cara menyelesaikan permasalahan-permasalahan dengan solusi yang
terbaik atau bisa dibilang yang paling sesuai dengan kebutuhannya.
- Pengetahuan-pengetahuan baru yang saya dapatkan setelah mempelajari pada pertemuan ini yaitu terkait fase-fase capaian pembelajaran CT diantaranya:
·
Fase A (Kelas 1 dan 2 SD) Pada fase A ini peserta
didik dapat menerapakan cara berpikir komputasional dalam menyelesaikan
persoalan sehari-hari yang dialami dengan mengidentifikasi, membandingkan,
memilih, memilah, mengelompokkan, dan mengurutkan objek kongkrit.
·
Fase B (Kelas 3 dan 4 SD) Pada fase B, peserta
didik mampu menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan
sehari-hari dengan membandingkan, memilih, memilah, menyusun, mengelompokkan,
dan mengurutkan himpunan data kecil dari abstraksi benda konkrit menggunakan
berbagai cara untuk menghasilkan beberapa solusi dengan memanfaatkan perkakas
yang disediakan.
·
Fase C (Kelas 5 dan 6 SD) Pada akhir fase C,
peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan
persoalan sehari-hari dengan membandingkan, menysun, mengelompokkan, dan
mengurutkan himpunan data hasil abstraksi benda konkrit yang lebih banyak dan
kompleks dengan menggunakan berbagai cara untuk menghasilkan lebih banyak
alternatif solusi yang mengintegrasikan berpikir komputasional dalam
memanfaatkan perkakas yang digunakannya.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan sopan dan santun