­
­

PRAMUKA

By Aisyah Nur Rahmah Febriani - Minggu, Mei 13, 2018



              

            Bismillahirrahmanirrohim. Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, pada waktu pelaksanaan UAS pramuka kami yang sudah dikelompokkan sebelumnya disuruh membuat RPP pembelajaran praktek pramuka di sekolah dasar. Praktek tersebut sebagai penilaian UAS kami pada semester ini. Kami membuat RPP tentang SANDI MORSE, sejarahnya & berdirinya, penjelasan penggunaanya, & pada kondisi apa penggunaan SANDI MORSE.

               Kami berkelompok akhirnya praktek di MI. AL-HUDA , Lebong, Sidoarjo. Kami praktek pada kelas 3 sekolah dasar. Mengajar ternyata tak semudah yang dibayangkan. Kami awalnya kelimpungan(kesusahan) karena mungkin pertama kali kami mengajar & belum bisa menghandle siswa-siswi ini gaduh serta bermain sendiri. Kami yang baru pertama kali mengajar merasa grogi & nervous.

         Setelah, siswa dikondisikan akhirnya kami menjelaskan SANDI MORSE, semua siswa memperhatikan walau beberapa siswa ada yang masih gaduh. Akhirnya, kami membuat kuis dengan menyuruh siswa yang dapat menyanyikan SANDI MORSE yang telah kami ajarkan akan mendapat hadiah & siswa kami bagi 2 tim SHOLEHAH & tim SHOLEH, namun siwa-siswa malu-malu termasuk siswa yang gaduh. Akhirnya, saya melihat siswa perempuan yang menunjuk-nunjuk siswa lainnya sehingga saya berinisiatif memanggilnya maju, namun tim SHOLEHAH tersebut menolak dengan alasan tidak bisa berkali-kali hingga teman didepannya maju yang membuatnya pede *wkwkwk berbeda dengan tim SHOLEH mereka dengan pedenya maju walau saat bernyanyi tidak seluwes tim SHOLEHAH.


Insert foto : Tim sholehah




Insert foto : Tim sholeh

 

            Pada awalnya para siswa yang awalnya sebagian ada yang gaduh tiba-tiba anteng (diam) & mendengarkan penjelasan kami, akhirnya lebih memperhatikan & fokus terhadap materi yang kami ajarkan. Karena mereka tau, setelah kami memberi materi akan diadakan kuis, Jadi saat kuis dimulai mereka cepat-cepat maju kedepan. Akhirnya semuanya maju serentak, hingga membuat gaduh & kewalahan. Namun begitu kami tetap memberikan apresiasi pada para siswa.


Insert foto : Siswa-siswi memperhatikan pelajaran




Insert foto : Ekspresi siswa menebak hadiah 

 

             Dan pada akhir sesi, diakhiri dengan berdo'a bersama-sama lalu para siswa berisnisiatif salim (salam mencium tangan) kami kakak pembimbing yang membuat kami terharu & bahagia. Telah bersusah payah & berjuang, akhirnya menyeleseikan dengan bangga & menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

            Demikian, hasil praktek yang saya lakukan kali ini  semoga memberikan manfaat, memberikan motivasi, dan berbagi pengalaman kepada para pembaca sekalian karena saya bersyukur dapat berbagi ilmu dan pengalaman yang saya miliki. Mohon maaf, jika ada salah kata dan khilaf dalam ketikan saya. Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

  • Share:

You Might Also Like

0 Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan santun