JURNALISTIK PROFIL SEKOLAH SMPN 48 SURABAYA TAHUN 2018
Insert foto : SMPN 48 Surabaya
Bismillahirrahmanirrohim.
Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh, sekolah yang berdiri sejak tahun
2010, dibangun bersebelahan dengan SDN NGAGEL REJO V Surabaya. Berdiri ditanah
Pemkot surabaya yang terakreditasi A di jalan Bratang Wetan no.36 surabaya.
Memiliki 9 ruang kelas, ruang UKS (Unit kesehatan Sekolah), ruang Kepala
Sekolah, ruang TU (Tata Usaha), ruang Panitia, 3 Lab. USBN-BK, Lab.IPA, ruang
BK, dan Perpustakaan.
Insert foto : Denah
sekolah SMPN 48 Surabaya
Memiliki
motto dan prinsip yang dipegang sehingga sekolah ini memiliki pendidik yang
berwawasan luas serta anak didik yang berprestasi sehingga dapat memajukan
sekolah seperti hasil wawancara oleh narasumber : Topan Adi Jaya .S,Pd,
NurZubaedah .S,Pd, dan salah satu pembina ekskul berprestasi PASKIBRAKA : Sony
Wahyu Alfariansyah.
Insert foto : Topan Adi Jaya S,
Pd (WAKA Kesiswaan SMPN 48 Surabaya)
Insert foto : Nur Zubaedah S, Pd
(Guru PKN SMPN 48 Surabaya)
Insert foto : Sony wahyu
alfariansyah dipojok kanan (pembina ekskul PASKIBRAKA SMPN 48 Surabaya)
Menurut
Wakil kesiswaan Kesiswaan SMPN 48 Surabaya, Topan Adi Jaya,S,Pd , menuturkan
bahwa suasana pembelajaran di SMPN 48 Surabaya selama ini berjalan baik dan
kondusif. Karena jadwal kegiatan belajar mengajar terbagi menjadi 2 shift yaitu
shift pagi pukul 06.30-12.00 WIB dan shift siang pukul 12.00-17.15 WIB. Setiap
guru memiliki cara tersendiri membuat suasana menjadi nyaman, selain itu guru
juga harus dapat mengendalikan situasi kelas dan kondisi kelas agar siswa-siswi
nyaman dan dapat dengan mudah menyerap ilmu yang dibagikan oleh guru.
Dengan
begitu guru akan dengan mudah memberikan stimulus atau rangsangan kepada siswa-siswi ke arah materi yang
akan disampaikan. Sehingga siswa-siswi dapat dengan mudah menyerap materi yang
dijelaskan oleh guru. Selain pemberian materi pun siswa-siswi akan diuji
kemampuannya dalam menempuh kegiatan belajar mengajar ini dengan evaluasi
harian (ulangan harian), PTS (Penilaian Tengah Semeter), dan PAT (Penilaian
Akhir Tahun). Penilaian utama meliputi aspek pengetahuan, aspek keterampilan,
dan aspek sikap.
Sekolah
merupakan wadah pembinaan bagi seluruh siswa-siswinya dalam bidang akademis
ataupun non-akademis. Mulai dari pelajaran umum, kesenian, agama, hingga
ekstrakulikuler yang mengasah kebiasaan, ketertiban, kehlian dan ketrampilan
masing-masing siswa-siswi. Komitmen untuk meraih pretasi dimulai denganm
pembuatan program kegiatan diawal tahun pelajaran, setelah itu dilakukan dengan
meneruskan pelaksanaan program dan pengawalan program hingga mencapai
visi,misi, dan program sekolah ini.
Ketika
siswa-siswi telah memilih sebuah sekolah, ia memiliki kewajiban untuk mengikuti
seluruh aturan dan tata tertib yang berlaku disekolah tersebut. Prestasi
sekolah diperoleh dari keseriusan siwa apa yang menjadi bakat dan minatnya.
Siswa-siswi terbagi menjadi 2 prestasi yaitu akademik dengan juara dibeberapa
pelajaran hingga diutus menjadi perwakilan sekolah di Olimpiade Nasional di
bidang matematika, ipa, geografi, ekonomi, dan lainnya. Dan disisi lainnya
terdapat siswa-siswi yang berprestasi dalam bidang non-akademik seperti paduan
suara, pramuka, paskibraka, beladiri, senam, renang, bulu tangkis, dan masih
banyak lain yang merupakan salah satu faktor sekolah sebagai memilih-memilah
dan mengasah di ekstrakulikuler.
Menurut guru
PKN SMPN 48 Surabaya, Nur Zubaedah, S,Pd, menuturkan karakteristik siswa-siswi
umumnya disekolah beragam ada yang sikapnya baik dan ada jga yang bandel.
Sekolah merupakan satu-satunya tempat sumber belajar dan bersosialisasi karena
hampir seluruh waktunya dihabiskan disekolah. Cara pembelajaran dengan
mengaktifkan siswa dengan metode ceramah agar bisa aktif dan tidak bosan
disekolah.Salah satunya dilibatkan dengan sosio-drama agar lebih aktif dari
guru saat didalam kelas.Keaktifan siswa-siswi sekarang kurang maka dari itu
guru harus pandai-pandai membawakan materi yang disukai, insya'allah
siswa-siswi akan aktif.
Mengevaluasi
siswa juga bisa dari perilaku sehari-hari tidak hanya saat evaluasi karena
siswa-siswi bisa juga mendapatkan jawaban dari contekan yang tidak murni dari
dirinya sendiri. Pengembangan anak dengan adanya BK siswa-siswi yang membolos
atau tidak mengerjakan tugas hanya tidur saja dipanggil untuk diberi pencerahan
lalu dikembalikan oleh wali kelas agar dilakukan pembinaan kelas.
Siswa-siswi
yang menonjol di bidang akademik maupun non-akademik akan di ikutsertakan
diperlombaan olimpiade atau perlombaan non-akademik juga. Terdapat guru khusus
guna membimbing siswa-siswi bertalenta ini. Menumbuhkan prestasi tinggi untuk
siswa-siswi dengan memberikan motivasi-motivasi ketika upacara bendera atau
saat didepan kelas dan tidak hanya wali kelas melainkan guru-guru mata
pelajaran bisa memberikan motivasi tentang prestasi dengan berkomunikasi yang
baik antar sesama guru menjalin silahturrahmi dengan diadakannya outbond guru. Jika
di siswa-siswi bisa di adakan classmeeting ialah lomba antar kelas akan
terjalin komunikasi yang baik antar siswa-siswi, saat ada hari-hari nasional
atau hari raya bisa menjadi ajang keakraban siswa-siswi maupun guru.
Untuk
meningkatkan dan mengelola tenaga pendidik dengan diadakannya workshop akan
mengasah kemampuan guru dibidang akademik maupun non-akademik selain juga ada
briefing-briefing oleh kepala sekoah entah dua minggu sekali supaya guru memiliki
dan mampu meningkatkan kemampuan siswa. Tidak pernah absen dalam perlombaan
meskipun gagal dalam perlombaan sekalipun tetapi siswa-siswi akan diberi
motivasi supaya sukses hingga mencapai keberhasilan.
Menurut
pembina ekstrakulikuler PASKIBRAKA, Sony Wahyu Alfariansyah seorang mahasiswa
yang sedang menempuh jurusan PGSD dan menjadi DUTA UNUSA, menuturkan ia menjadi
pembina sejak tahun 2016-sampai sekarang. Cara membagi waktu antara menjadi
pembina ekstrakulikuler PASKIBRAKA dengan menjadi mahasiswa aktif di UNUSA
ialah mendahulukan kepentingan bersama tidak mementingkan diri sendiri namun
tak lupa terhadap tanggung jawab yang dilaksanakan sebagai mahasiswa aktif
UNUSA. Jadwal mengajar hari sabtu jam 13.00-16.00 WIB namun jika ada lomba bisa
menjadi 3x dalam seminggu.
Awalnya ia
tidak berminat menjadi pembina namun karena seorang alumni di SMPN 48 Surabaya,
saat kelas 2 smp para alumni ekstrakulikuler PASKIBRAKA memiliki ide untuk
membuat ekstrakulikuler PASKIBRAKA dengan bermusyawarah untuk bersedia menjadi
pembina ekstrakulikuler PASKIBRAKA maka terbentuklah ekstrakulikuler
PASKIBRAKA. Kiat-kiat agar ekstrakulikuler PASKIBRAKA memiliki prestasi dengan
selalu menekankan kepada adik kelas agar jangan pernah sombong, egois, dan
harus melakukan semua ata nama kebersamaan ataupun melakukannya dengan pamrih.
Kejuaran
lomba ekstrakulikuler PASKIBRAKA ada 8 perlombaan dalam 1 tahun dan bersyukur
bisa mendapat 4 juara utama sisanya juara harapan. Juara utama diperlombaan
SMAN 16 Surabaya tahun 2016, juara 1 di SMA KHADIJAH Surabaya maret tahun
2017, juara 1 di SMAN 5 Surabaya april tahun 2017, dan masih banyak lagi.
Pembina ekstrakulikuler PASKIBRAKA saat awal-awal banyak namun yang bertahan
sampai sekarang ialah Panji Trisna dari ITS Surabaya, Puspita Ayu Antari dari
UNEJ Jember, dan terakhir Sony Wahyu Alfariansyah dari UNUSA Surabaya. Motivasi
Sony Wahyu Alfariansyah memang sejak kecil bercita-cita menjadi guru
memang menjadi pembina agar lebih bisa memasuki dunia pendidikan. Suka dan duka
menjadi pembina 3 tahun , sukanya bisa berbagi pengalaman dan berbagi ilmu lalu
bisa bercanda bareng bermain bareng sedang jika duka ialah masalah lalu aka
mencari solusi untuk mengatasinya.
Sebagai pegangan
masa depan apakah anda memilih kuliah atau sebagai pembina ? "melanjutkan
kuliah sih harus ya juga menjadi pembina pun dilakukan sebagai sampingan
bersama melanjutkan kuliah". Bagaimana anda memilih dan memilah dalam
menyeleksi untuk merekrut anggota ? , "tidak ada kekhususan dalam
menyeleksi karena masih tingkat sekolah kecuali saat perlombaan akan diseleksi
mana yang lebih cocok, mantab gerakannya, berpower, dan body-nya good
looking bagus".
Saat
pemilihan seleksi menjadi DUTA UNUSA apa saja patokan atau kriterianya di UNUSA
serta berika tips dan trik cara untuk menjadi DUTA UNUSA ? "untuk menjadi
DUTA UNUSA ada tes tulis, tes lisan, tes kepribadian, bahkan ada tes mengaji
juga ada. Saat tes saya menjalaninya saja kalo disuruh begini saya begini
begitu punjuga begitu semua mengalir seperti air". Ada 100 peserta yang
ikut dalam seleksi DUTA UNUSA namun hanya ada 10 orang saja yag lolos seleksi.
Apakah ada penjurusan atau pembagian DUTA UNUSA ? "Ya, saya menjadi DUTA
FRESH AND HEALHY sebagai DUTA terbersih dan tersehat karena saya tidak merokok
dan penampilan saya tidak terlalu jelek juga". Menjadi DUTA agar menjadi
contoh kepada adik-adik kelas di SMPN 48 Surabaya lebih berprestasi dalam
berbagai bidang. Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.
Insert foto : Bukti prestasi
PASKIBRAKA SMPN 48 Surabaya
0 Komentar
Berkomentarlah dengan sopan dan santun