­
­

T3-5.b Demonstrasi Kontekstual - Mengulas Asesmen di Ruang Kelas

By Aisyah Nur Rahmah Febriani - Sabtu, November 04, 2023

 


Nama                                     : Aisyah Nur Rahmah Febriani

Kelas/NIM                              : A/4120023024

Jurusan/Prodi                       : PGSD PPG PRAJABATAN G1 2023 UNUSA


    Ass.wr.wb. pada penulisan blog saya kali ini, saya akan memberikan ulasan asesmen di ruang kelas. Dikarenakan saya telah membuat rubrik menganalisis asesmen dikelas yang sebelumnya membahas tentang berisi tabel berikut ini:

No.

Pembahasan

Keterangan

1.     

Mata Pelajaran

 IPAS

2.     

Kelas

 4

3.     

Fase

 B

4.     

Capaian Pembelajaran

 Peserta didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari

5.     

Tujuan Pembelajaran

 Dengan melakukan praktek percobaan pada lilin yang dinyalakan dengan api, peserta didik dapat mengidentifikasikan proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari

6.     

Materi Ajar (Topik)

 5

7.     

Jenis Asesmen (Formatif/Sumatif)

 Formatif

8.     

Bentuk Asesmen

(soal tertulis/projek/unjuk kerja/dll)

 Proyek mengamati proses perubahan wujud zat contohnya lilin yang dinyalakan dengan api dan perubahan bentuk energi contoh lilin tersebut dalam kehidupan sehari-hari

9.     

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan peserta didik? Jelaskan!

 Menurut saya sudah sesuai karena guru memberikan pengalaman secara langsung pada siswa dalam mengamati praktek percobaan pada lilin yang dinyalakan dengan api, sehingga peserta didik dapat mengidentifikasikan secara langsung proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari secara nyata

10.  

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik? Jelaskan!

 Pada bagian kebersamaan dalam mengamati praktek percobaan pada lilin yang dinyalakan dengan api, sehingga peserta didik dapat memiliki pengalaman bekerjasama, melakukan praktek secara langsung, dan sudah terlihat bahwa karakter siswa sudah mampu melakukan praktek pengamatan dengan dibawah pengawasan guru dengan cara membuat lingkaran besar yang melingkari lilin yang menyala

11.  

Bagian mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan peserta didik? Jelaskan!

 Pada bagian, siswa berkumpul tampak antusias dan mencoba menjaga agar api di lilin tidak mati akibat hembusan angin dari teman sesamanya dan juga siswa berhati-hati agar tidak terkena api

12.  

Bagian mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses pembelajaran mereka?

 Setelah melakukan mengamati praktek percobaan pada lilin yang dinyalakan dengan api, sehingga peserta didik diberikan kesempoatan untuk bertanya terkait tentang proses praktek tersebut apa saja yang siswa lihat, rasakan, dan lakukan. Guru pun bertanya apa penyebab lilin berubah bentuk? Dan apa saja contoh selain lilin yang dapat mengalami perubahan?

13.  

Jika Anda menjadi guru di kelas tersebut, hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk lebih memaksimalkan efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik, serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap!

 Saya ingin menggunakan aplikasi yang ramah lingkungan dan menjaga keamanan serta kenyamanan dengan menggunakan aplikasi percobaan online melalui Geogebra dan Peth Simulasi yang mana pada aplikasi-aplikasi tersebut dapat melakukan percobaan sains atau IPA secara digital secara langsung sehingga didapatkan pengalaman yang terbaru dan berharga

    Bahwa, bisa dikatakan pembelajaran dikelas pada sekolah SD. Khadijah yang masih menggunakan alat praktek tradisional. Dimana hal tersebut, memiliki keterbatasan dalam hal visual dan proses keterampilan yang berpusat dan terlihat hanya pada beberapa siswa-siswi saja karena tidak semua siswa bisa melihat karena dalam prakteknya terlihat semua siswa diharuskan duduk melingkari 5 lilin ditengah tetapi 5 lilin itu hanya terlihat pada beberapa siswa didepan hal itu juga sama pada pelaksanaan keterampilan pada melihat proses lilin yang meleleh ketika dipanaskan dengan api hanya beberapa siswa yang bisa melihat sisanya harus berdiri jika ingin melihat.

    Maka dari itu, saya memberikan saran seperti penggunakan aplikasi komputer seperti Geogebra untuk praktek rumus geometri, aljabar, dan lain-lain agar bisa dilihat melalui layar proyektor bersama-sama. Sedangkan, pada praktek IPAS menggunakan PETH SIMULASI yang mana bisa menampilkan praktek benda-benda semesta alam dan perbandingan ukuran benda-benda alam semesta seperti, ukuran matahari, ukuran bumi, ukuran planet-planet digalaksi bima sakti (milky way), dan lain-lain. Semoga membantu dan menambah ilmu kalian. Wass.wr.wb.

  • Share:

You Might Also Like

0 Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan santun