T3-5.b Demonstrasi Kontekstual - Mengulas Asesmen di Ruang Kelas
Nama : Aisyah Nur Rahmah Febriani
Kelas/NIM : A/4120023024
Jurusan/Prodi : PGSD PPG PRAJABATAN G1
2023 UNUSA
Ass.wr.wb. pada penulisan blog saya kali ini, saya akan memberikan ulasan asesmen di ruang kelas. Dikarenakan saya telah membuat rubrik menganalisis asesmen dikelas yang sebelumnya membahas tentang berisi tabel berikut ini:
No. |
Pembahasan |
Keterangan |
1. |
Mata
Pelajaran |
IPAS |
2. |
Kelas |
4 |
3. |
Fase |
B |
4. |
Capaian
Pembelajaran |
Peserta
didik mengidentifikasi proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi
dalam kehidupan sehari-hari |
5. |
Tujuan
Pembelajaran |
Dengan
melakukan praktek percobaan pada lilin yang dinyalakan dengan api, peserta didik
dapat mengidentifikasikan proses perubahan wujud zat dan perubahan bentuk
energi dalam kehidupan sehari-hari |
6. |
Materi
Ajar (Topik) |
5 |
7. |
Jenis
Asesmen (Formatif/Sumatif) |
Formatif |
8. |
Bentuk Asesmen (soal
tertulis/projek/unjuk kerja/dll) |
Proyek
mengamati proses perubahan wujud zat contohnya lilin yang dinyalakan dengan
api dan perubahan bentuk energi contoh lilin tersebut dalam kehidupan sehari-hari |
9. |
Bagian
mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan tahapan perkembangan
peserta didik? Jelaskan! |
Menurut
saya sudah sesuai karena guru memberikan pengalaman secara langsung pada
siswa dalam mengamati praktek percobaan pada lilin yang dinyalakan dengan
api, sehingga peserta didik dapat mengidentifikasikan secara langsung proses
perubahan wujud zat dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari
secara nyata |
10. |
Bagian
mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan perlunya
mempertimbangkan aspek lingkungan budaya dan karakteristik peserta didik?
Jelaskan! |
Pada
bagian kebersamaan dalam mengamati praktek percobaan pada lilin yang
dinyalakan dengan api, sehingga peserta didik dapat memiliki pengalaman bekerjasama,
melakukan praktek secara langsung, dan sudah terlihat bahwa karakter siswa
sudah mampu melakukan praktek pengamatan dengan dibawah pengawasan guru
dengan cara membuat lingkaran besar yang melingkari lilin yang menyala |
11. |
Bagian
mana dalam asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian dengan kemampuan
peserta didik? Jelaskan! |
Pada
bagian, siswa berkumpul tampak antusias dan mencoba menjaga agar api di lilin
tidak mati akibat hembusan angin dari teman sesamanya dan juga siswa
berhati-hati agar tidak terkena api |
12. |
Bagian
mana dari asesmen tersebut yang menunjukkan kesesuaian bahwa sudah memberikan
ruang bagi peserta didik untuk memberikan umpan balik terhadap proses
pembelajaran mereka? |
Setelah
melakukan mengamati praktek percobaan pada lilin yang dinyalakan dengan api,
sehingga peserta didik diberikan kesempoatan untuk bertanya terkait tentang
proses praktek tersebut apa saja yang siswa lihat, rasakan, dan lakukan. Guru
pun bertanya apa penyebab lilin berubah bentuk? Dan apa saja contoh selain
lilin yang dapat mengalami perubahan? |
13. |
Jika
Anda menjadi guru di kelas tersebut, hal apa yang ingin Anda tingkatkan untuk
lebih memaksimalkan efektivitas asesmen dengan memperhatikan tahapan
perkembangan peserta didik, lingkungan budaya dan karakter peserta didik,
serta kemampuan peserta didik? Tuliskan pendapatmu secara lengkap! |
Saya
ingin menggunakan aplikasi yang ramah lingkungan dan menjaga keamanan serta
kenyamanan dengan menggunakan aplikasi percobaan online melalui Geogebra
dan Peth Simulasi yang mana pada aplikasi-aplikasi tersebut dapat
melakukan percobaan sains atau IPA secara digital secara langsung sehingga
didapatkan pengalaman yang terbaru dan berharga |
Bahwa, bisa dikatakan pembelajaran dikelas pada sekolah SD. Khadijah yang masih menggunakan alat praktek tradisional. Dimana hal tersebut, memiliki keterbatasan dalam hal visual dan proses keterampilan yang berpusat dan terlihat hanya pada beberapa siswa-siswi saja karena tidak semua siswa bisa melihat karena dalam prakteknya terlihat semua siswa diharuskan duduk melingkari 5 lilin ditengah tetapi 5 lilin itu hanya terlihat pada beberapa siswa didepan hal itu juga sama pada pelaksanaan keterampilan pada melihat proses lilin yang meleleh ketika dipanaskan dengan api hanya beberapa siswa yang bisa melihat sisanya harus berdiri jika ingin melihat.
Maka dari itu, saya memberikan saran seperti penggunakan aplikasi komputer seperti Geogebra untuk praktek rumus geometri, aljabar, dan lain-lain agar bisa dilihat melalui layar proyektor bersama-sama. Sedangkan, pada praktek IPAS menggunakan PETH SIMULASI yang mana bisa menampilkan praktek benda-benda semesta alam dan perbandingan ukuran benda-benda alam semesta seperti, ukuran matahari, ukuran bumi, ukuran planet-planet digalaksi bima sakti (milky way), dan lain-lain. Semoga membantu dan menambah ilmu kalian. Wass.wr.wb.
0 Komentar
Berkomentarlah dengan sopan dan santun